Manfaat Buah Durian


Kulitnya dilindungi oleh duri-duri tajam, buahnya manis, pohonnya besar dan buahnya agak sedikit lembek. Ya, itulah ciri-ciri dari buah durian selain enak dimakan(bagi sebagian orang) ternyata buah ini memiliki banyak manfaat. Banyak orang beranggapan bahwa durian berbahaya, karena dapat menyebabkan peningkatan kolesterol dalam darah. Namun, sebenarnya durian sangatlah bergizi. Buah itu mengandung vitamin B, C, E dan zat besi.

Banyak kegunaan durian bagi kesehatan. Selain mengandung vitamin-vitamin yang disebutkan tadi, kegunaan lain durian adalah:

- Ekstrak kulit dan buah dapat digunakan untuk mengobati bengkak dan penyakit kulit.
- Ternyata, durian justru membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang selama ini orang beranggapan bahwa durian menyebabkan peningkatan kolestrol dalam darah.
- Durian juga berfungsi sebagai pembersih darah.
- Durian mengandung banyak asam amino triptofan, yang gunanya untuk mengurangi rasa gelisah, depresi dan mengobati insomnia.
- Makan durian juga menimbulkan rasa bahagia karena buah ini meningkatkan kadar serotonin dalam otak.
- Durian mengandung banyak protein lembut, yang memungkinkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang ingin membentuk otot.
- Durian juga adalah afrodisiak kelas wahid.
- Juga direkomendasikan sebagai sumber lemak mentah.

Walau punya banyak fungsi, bukan berarti kita harus mengonsumsi buah ini dalam jumlah yang berlebih. Semua ada takarannya. Wanita hamil dan orang yang menderita hipertensi tidak dianjurkan untuk makan durian.

Sebenarnya mengonsumsi 100 gram durian pun sudah cukup. Sebab, dalam 100 gram itu saja sudah relatif banyak gizi yang kita peroleh. Jadi, tertarik untuk makan durian setelah baca artikel ini? Boleh saja, tapi ingat segala yang berlebihan itu tidak baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Gimana menurut kamu? Kasih pendapat kamu tentang postingan ini jangan cuma dibaca aja dan yg penting NO SARA. Komentar berbau SARA akan segera dihapus :)