18 Fakta Dibalik Nama Sebuah Perusahaan

1.Adobe
Adalah nama dari sebuah sungai (Adobe Creek) yang mengalir dibelakang rumah sang penemu, John Warnock.


2.Apache
Mendapatkan namanya karena para penemunya memulai dari menambal ("applying patches") program yang ditulis untuk NCSA http daemon. Maka dari itu nama "A PAtCHy"-pun tergagaskan.


3.Apple Computers
Buah kesukaan Steve Jobs. Dia terlambat tiga bulan dari jadwal yang ditentukan dalam menamai perusahaanya yang membuatnya mengancam akan menggunakan "Apple Computers" sebagai nama perusahaanya jika rekan-rekan satu kerjanya tidak memiliki ide sebelum jam 5.


4. BenQ
Tidak banyak berita tentang cerita dibalik nama BenQ. Admin cuma mengetahui arti dibalik nama BenQ=Bringing ENjoyment and Quality to life.


5.CISCO
Sebenarnya bukan singkatan, tetapi kependekan dari San Francisco.


6. Dell
Dinamai dari nama belakang sang penemu, Michael Dell. Dell merubah namanya dari "Dell Computer" di tahun 2003.


7. Epson
Epson Seiko Corporation, berasal dari "Son of Electronic Printer" atau "Anak dari Printer Elektronik."


8.Google
Awalnya berasal dari 'Googol' atau kata untuk angka yang beritme 1 dan diikuti oleh 100 nol. Setelah Sergey Brin dan Larry Page mempresentasikan proyeknya kepada seorang investor, mereka menerima cek yang ditujukan untuk "Google" (pada saat itu Google belum memiliki badan hukum.


9. Hotmail
Jack Smith, penemunya, memiliki ide untuk mengakses email melalui web dari komputer yang terletak dimana saja. Ketika Sabeer Bhatia memiliki rencana bisnis, dia mencoba berbagai macam kombinasi huruf/kata yang diakhiri dengan 'mail' dan akhirnya menemukan kata yang memiliki huruf-huruf di dalam kata "HTML". Hotmail pada awalnya
ditulis sebagai "HoTMaiL"


10. HP
Bill Hewlett dan Dave Packard melambungkan koin untuk menentukan nama untuk perusahaan mereka dengan pilihan "Hewlett-Packard" atau "Packard-Hewlett"


11. Intel
Bob Noyce dan Gordon Moore pada awalnya ingin menamakan perusahaan mereka "Moore Noyce," tetapi nama tersebut sudah dipatenkan oleh perusahaan perhotelan, jadi mereka memutuskan namanya dari "INTegrated ELctronics"


11. Lotus(Notes)
Mitch Kapor mendapatkan nama perusahaanya dari "The Lotus Position" atau "Posisi Lotus" atau "Padmasana". Dia dahulu adalah seorang guru Transcendental Meditation (oleh Maharishi Maheshogi.


12. Microsoft
Bill Gates menamai perusahaanya dari bisnis yang dikerjakannya yaitu "MICROcomputer SOFTware." Pada awalnya Microsoft dinamai "Micro-Soft" yang kemudian dihilangkan '-'nya.


13. Motorola
Paul Galvin, sang penemu, mencetuskan nama perusahaanya ketika Motorola masih memproduksi radio untuk mobil. Perusahaan radio terkenal pada saat itu adalah Victrola.



14. Red Hat
Sang penemu, Marc Ewing, diberi topi tim lacrosse (permainan bola dengan tongkat) Cornell oleh kakeknya ketika dia masih kuliah. Dia kemudian menghilangkannya dan terus mencarinya setengah mati. Buku manual Red Hat Linux versi beta memiliki permintaan kepada pembacanya untuk mengembalikan topi merah dengan strip putihnya tersebut.


15. SAP
"Systems, Applications, Products in Data Processing," dibentuk oleh 4 orang mantan pekerja IBM yang bekerja dibidang "Systems/Applications/Projects"


16. SUN
Para pendiri Sun: Andy Bechtolsheim, Vinod Khosla, dan Scott McNealy adalah sesama mahasiswa dari Stanford University. Saat itu, Bechtolsheim mendapat proyek untuk membuatkan workstation bagi kampusnya, dan proyek itu bernama Stanford University Network. Nama itulah yang kemudian disingkat menjadi SUN.


17. Xerox
Chestor Carlson, sang penemu, menamai produknya yang mencoba untuk mengatakan "dry (kering)" untuk membedakan produknya dari "wet copying" yang dinyatakan gagal pada waktu itu. Dalam bahasa Greek (Yunani) 'xer' berarti kering.


18. Yahoo
Nama perusahaan ini dipilih oleh Jerry Yang dan David Filo, merupakan kependekan dari ‘Yet Another Hierarchical Officious Oracle’. Tak jelas apakah ‘Officious Oracle’ yang dimaksud adalah proyek Oracle terdahulu yang sempat dikerjakan oleh Larry Ellison dan Bob Oats. Yang pasti, dua mahasiswa Stanford itu juga menyukai arti kata ‘Yahoo’ di kamus, maupun di kisah fiksi besutan Jonathan Swift berjudul Gulliver’s Travel, yang maknanya adalah ‘kasar atau tak tahu adat’.

0 komentar:

Posting Komentar

Gimana menurut kamu? Kasih pendapat kamu tentang postingan ini jangan cuma dibaca aja dan yg penting NO SARA. Komentar berbau SARA akan segera dihapus :)